Senin, 15 November 2010

Hati2 Beli Baju 'Pray For Indonesia'


Teman-teman, gw akhirnya memutuskan untuk menulis ini di blog dan di Note...Mungkin teman2 sudah mulai merasa di FB kalian atau di Twitter ada penawaran baju bertulikan "Pray For Indonesia"... Ya Pray For Indonesia merupakan istilah yang lagi populer karena bencana yang bertubi-tubi datang di negara tercinta ini. Mentawai, Mutilan, dan merapi sungguh membuat kt sedih sekali.


Tak terbilang harta yang hilang, nyawa saudara,orang tua, anak2 dan teman2... Begitu banyak yayasan, lembaga, perusahaan dan bahkan anak sekolah tergerak hatinya untuk menyisihkan uang mereka untuk disumbangkan.


Banyak pergerakan dan kampanye untuk berdoa bagi Indonesia dan itu terkenal dengan istilah "Pray For Indonesia" dan istilah ini sangat populer sekarang. Begitu terkenalnya istilah ini mulai banyak yang membuat baju bertuliskan "Pray For Indonesia" dan dijual yang katanya untuk donasi.


Baik kita telaah baik-baik...saya tidak masalah baju itu dibuat dan dijual demi donasi namun sebaiknya teman2 hati-hati saat memutuskan untuk membeli,,,Jangan sampai kata 'Donasi' itu hanyalah gimmick atau pemanis dari teknik penjualan.


Pertama, link yang menyodorkan link penjualan baju "Pray For Indonesia" dan bahkan mereka yang menjual secara langsung sama gw tidak transparan. Mereka cuma bilang seperti ini "Baju Pray For Indonesia harga 65rb dan akan didonasikan...dengan ukuran bla bla bla" Mereka tidak menjelaskan donasinya berapa persen, bagaimana jalur donasinya, lalu siapa yang dapat kita hubungin untuk bukti sumbangannya?


Kedua, ada yang mengatakan 10% keuntungan untuk disumbangkan...Mari kita berhitung :) Baju tersebut di jual dengan harga 65rb-75rb... Katakanlah modal membuat baju tersebut 25rb (Saya paham karena bokap saya 25 th dagang baju) biasanya 15rb sudah dapat baju berbahan cotton polos dan bagus bgt bahannya..Cek aja di Tanah Abang dan Jatinegara atau ke rumah saya hehe...Sablon bahkan tdk sampe 10rb tp ya sudalah sekalian itung ongkos dan pulsa internet dah hehehe... Jika mereka bisa menjual 50 baju saja dengan harga 65rb maka mereka memiliki keuntungan bersih 40rb...


Baik, td mereka mengaku 10% disumbangkan...berapa 10% dari 40rb? HANYA 4rb saja lalu dikali 50 maka hanya 200rb yang didonasikan... Sedang keuntungan lainnya ke mana? 36rb dikali 50 maka totalnya adalah 1,8jt itu kemungkinan masuk ke kantong sendiri :)


Saya tidak masalah dengan bisnis, namun jika bisnis itu dibangun atas dasar penderitaan orang banyak dan menggunakan kesempatan simpati banyak orang karena bencana tersebut sungguh sangat tidak etis...


Mungkin saran saya jika ingin memang bergerak dgn menjual baju itu dan tujuannya untuk donasi saran saya min 60% untuk donasi dan jelaskan di mana donasi itu disumbangkan, adakah laporan kepada yang membeli baju tersebut...


Teman2 mari pintar dalam menyumbang :)


Happy Life

Tidak ada komentar: