Sabtu, 20 Februari 2010

Fussion Jazz



Java Jazz sebentar lagi dan saya melihat trend jazz yang akan dibawakan di tahun 2010 ini adalah beraroma menggunakan atau memaksimalkan teknologi. Teknologi musik dengan eksperimen-eksperimen musisi handal membuat JavaJazz ini terlihat muda dan fresh.

Musik jazz dengan teknolgi katanya berawal dari aliran fussion. Nah saya sich gak terlalu paham tetapi berhubung suasana Java Jazz lagi hangat coba saya sedikit bagi pengetahuan saya tentang fussion jazz.

Aliran fussion sendiri masuk dalam genre jazz di tahun 70an yang dipelopori oleh Miles Davis. Fussion itu memiliki mainstream jazz yang bersentuhan dengan irama pop dan teknologi instrumen (Mungkin seperti tambahan techno atau semacam DJ). Nah kenapa fussion bisa diterima dalam aliran jazz padahal mengandung irama pop dan didominan dengan teknologi intrumen yang tentu waran musik jzz nya akan berbeda sekali.

Klo berdasarkan ilmu komunikasi (ni bidang saya ni hehehe,,padahal nyontek jg dr majalah musik :p)karya itu serupa dengan memiliki dua sisi,yaitu pertama menjadikan cermin kondisi sosial seperti yang kita tau dulu jazz kan kental dengan musisi dari ras kulit hitam nah ekspresi2 Jazz kadang merupakan protes sosial tentang masalah rasis...seperti itu lah dulu. Sisi kedua sebagai agen propaganda. Klo ini seingat saya dulu jaman ORBA pernah praktekan ini yaitu ada album musik bertemakan Golkarku Golkar mu...hehehe jadi musik itu juga bisa menjadikan propaganda apa pun. Kebanyakan dalam musik underground mereka kadang mempropagandakan sesuatu hal yang dapat mempengaruhi sikap dan sifat pencinta musiknya.

Klo gak salah fussion sendiri di Indonesia diperkenalkan oleh Karimati,kelompok musik yang sekarang masi eksis dan ada album bertajuk Jezz,klo gak salah de pernah lihat...(belum pernah dengar),,hehehe

"nulis tentang musik lagi den?"
"Iyaaa...biar orang yang anggap gw gak ngerti musik berubah pandangan,bukan gak ngerti tetapi tidak menguasai detail,tp klo ngomongin musik ayooo apa lagi dr segi marketing dan komunikasi itu baru gw paham banget!!!"

Tidak ada komentar: